Jumat, 20 April 2012

Home » » Beasiswa Kedokteran Khusus Santri

Beasiswa Kedokteran Khusus Santri

Beasiswa Kedokteran Khusus Santri
Okezone MALANG - Universitas Islam Malang (Unisma) membuka program beasiswa untuk Fakultas Kedokteran khusus alumni pondok pesantren.

Menurut Kepala Hubungan Masyarakat Unisma Pardiman, program yang baru dibuka tahun ajaran 2012 ini memang khusus untuk menarik calon mahasiswa dari kalangan pesantren.

Salah satu persyaratannya, kata Pardiman, adalah mereka harus benar-benar lulusan pondok pesantren. Hal ini dibuktikan dengan surat rekomendasi dari pengasuh pondok pesantren tempat calon mahasiswa itu belajar. "Kami juga tetap melakukan tes bagi mereka yang mengambil beasiswa itu," ujar Pardiman, Kamis (19/4/2012).

Pardiman menjelaskan, program beasiswa ini merupakan program Kementerian Agama (Kemenag) dan Unisma mendapatkan kuota 40 santri.

Diakui Pardiman, lulusan pesantren yang masuk ke Fakultas Kedokteran sangat minim karena terkendala biaya dan kurang diakomodasi. Padahal, banyak santri yang bercita-cita menjadi dokter. Sehingga, program ini diharapkan dapat membantu peningkatan keilmuan di bidang kedokteran bagi santri.

Menariknya, program beasiswa ini juga mewajibkan santri yang telah lulus kuliah mengabdi di pondok pesantren tempatnya belajar dahulu, minimal dua tahun. Pengabdian ini dimaksudkan untuk membantu warga di sekitar pondok pesantren dan para santri lainnya sebagai salah satu timbal balik bagi pesantren yang telah memberikan rekomendasi.(rfa)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Drs. SUPRIADI, MSI

Republika Online - Pendidikan RSS Feed

KOMPAS.com - Edukasi

  © The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008 modified by DeJaka

Back to TOP